Mengenal Channa Stewartii Karbi Anglong Dan Cara Perawatannya

Channa Stewartii bisa menjadi pilihan jika ingin beternak ikan hias. Channa Stewarti sering disebut oleh penggemar ikan sebagai Channa Barca KW. Karena Channa Stewarti dan Channa Barca memiliki corak dan warna yang hampir mirip.

Ikan ini memiliki nama Latin Assam Snakehead atau bisa juga disebut Golden Snakehead.

Channa Stewartii

Ikan Channa Stewartii Si Biru Dari India

Berikut pembahasan lengkap tentang ikan chana stewaertii

Habitat Ikan Channa Stewartii

Channa Stewartii adalah spesies ikan gabus asli Asia Selatan, khususnya India dan Nepal. Ikan ini juga bisa ditemukan di Bangladesh.

Habitat asli Channa Stewarti adalah sungai di pegunungan India. Ikan ini hidup di air dengan suhu sekitar 22-30 derajat Celcius dengan kadar pH 5 – 7.

Perawatan Channa Stewartii

Agar warnanya cantik dan cerah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan

1. Pola Makan

Channa Stewarti perlu mengatur pola makannya sehingga menghasilkan warna yang paling bagus.

Pemberian pakan udang seminggu sekali dapat meningkatkan kualitas warna Channa Stewartii. Setelah 6 hari kita bisa memberinya makan berupa pelet.

Udang banyak mengandung vitamin A yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas warna ikan Channa Stewarti. Selain itu udang memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat meningkatkan pertumbuhan ikan channa dengan cepat.

2. Akuarium

Channa Stewartii akan berwarna jika lingkungan di sekitarnya juga cerah. Ikan ini akan berusaha menyesuaikan warnanya dengan lingkungan yang ditempatinya. Untuk ini kita harus mengatur akuarium dengan warna-warna cerah. Cara setting gambar background aquarium, dasar aquarium dan air aquarium.

Mengenal Channa Stewartii Karbi Anglong Dan Cara Perawatannya

Gunakan pasir coklat tanpa lemak sebagai dasar akuarium. Warna coklatnya akan terlihat lebih cerah dibandingkan pasir hitam. Namun tidak disarankan untuk menggunakan pasir putih karena dapat membuat warna ikan Channa Stewartii menjadi kurang terlihat.

Air dalam akuarium juga perlu diganti secara berkala. Jangan biarkan air mandi dibiarkan begitu saja karena dapat merusak warna Channa Stewartii dan juga dapat meracuni tubuh serta mengganggu penyerapan oksigen.

Ikan Channa pada umumnya dapat bernafas dengan menggunakan labirin yang artinya dapat menyerap oksigen di udara, hal ini membuat Channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa pada umumnya bila dipelihara di dalam akuarium tidak memerlukan mesin penyaring, namun ada baiknya disediakan tanaman hidup agar ikan merasa nyaman dan betah hidup di habitat aslinya. Penataan tangki ikan channa yang cocok adalah jenis natural dan biotope dengan tanaman berdaun lebar yang dominan,

Ukuran Maksimal Channa Stewartii

Ikan Channa Stewarti sering disebut ikan kw boat channa karena memiliki bentuk dan warna yang mirip. Ikan ini bisa mencapai panjang sekitar 25 cm. Channa Stewarti adalah spesies snakefish asli Asia Selatan, khususnya India dan Nepal. Ikan ini juga bisa ditemukan di Bangladesh. Habitat asli Channa Stewartii adalah sungai di pegunungan India. Ikan ini hidup di air dengan suhu sekitar 22-30 derajat Celcius dengan tingkat pH.

Terdapat dua jenis ikan Channa Stewarti yaitu Stewartii Karbianglong dan Stewartii Arunachal. Kedua ikan tersebut memiliki perbedaan antara lain:

Warna

Warna Stewartii Karbianglong lebih cerah dengan latar putih, sedangkan Stewartii Arunachal cenderung lebih gelap.

Dot

Dot pada Stewartii Karbianglong membentuk bar yang mirip dengan Channa Auranti, sedangkan pada Stewartii Arunachal memiliki titik yang hampir penuh seperti Channa Barca. Selain ciri fisik tersebut, 2 ikan ini memiliki harga yang berbeda. Stewartii Karbianglong lebih murah daripada Stewartii Arunachal.

Ukuran maksimum ikan Channa Stewarti adalah 25 cm. Ikan ini menemukan habitat aslinya di sungai-sungai di pegunungan India. Untuk perawatannya, bisa dibilang mudah. Anda harus memperhatikan pola makannya. Pemberian pakan udang dalam jangka waktu seminggu sekali dapat meningkatkan kualitas warna Channa Stewarti

Cara Membuat Channa Stewartii Berwarna Biru Cerah

Warna tubuh dan siripnya biru dengan bintik-bintik dengan garis kuning tipis pada siripnya. Channa ini agak mahal, karena remaja biasanya harganya lebih dari satu juta per buah.

Channa stewarti yang baik harus memiliki warna biru cerah di sekujur tubuhnya. Ikan harus dirawat dengan baik agar memiliki warna yang indah dan cerah.

Dibawah ini saya akan share cara membuat ikan channa stewarti berwarna biru cerah.

1. Menetapkan pola makan adalah hal yang utama

Makanan merupakan hal yang utama untuk membuat warna ikan menjadi cerah. Channa stewarti perlu mengatur pola makan dan jenis makanannya agar warnanya bisa tampil maksimal.

Untuk stewartii, makanan yang saya rekomendasikan adalah udang segar dan pelet Premium Blue. Namun pemberian pakan harus diatur sesuai jadwal agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi ikan.

Jadwal pemberian makan yang baik untuk stewartii adalah memberi makan udang seminggu sekali sampai kenyang dan pada hari lainnya diberi pakan pelet dalam jumlah sedikit (jangan sampai kenyang).

Udang banyak mengandung vitamin A yang baik untuk pertumbuhan warna, ditambah kandungan protein yang tinggi pada udang juga mempercepat pertumbuhan badan. Sedangkan pelet Premium Blue mengandung pigmen biru yang akan membuat stewartii berwarna biru cerah.

2. Membuat lingkungan akuarium cerah

Ikan akan memiliki warna cerah jika lingkungan sekitarnya juga cerah. Ikan akan beradaptasi dengan lingkungannya dan mencoba membuat warna tubuhnya terlihat hampir sama dengan lingkungannya.

Jika lingkungan cerah, begitu pula stewartii. Sebaliknya jika lingkungan sekitarnya gelap akan membuat warna ikan menjadi pucat.

mengatur latar belakang akuarium, latar belakang akuarium, dan air akuarium.

Latar belakang akuarium harus berwarna-warni. Saya sarankan untuk menggunakan warna putih, karena background putih adalah warna yang digunakan oleh sebagian besar penggemar channa.

Untuk dasar akuarium saya sarankan menggunakan pasir coklat yang jelek, yang butirannya tidak terlalu kecil. Warna coklatnya akan terlihat lebih cerah dibandingkan jika menggunakan pasir hitam yang kurus. Namun tidak disarankan menggunakan pasir putih karena akan membuat warna biru kurang terlihat pada tubuh stewartii.

Sedangkan untuk airnya perlu dibersihkan dan diganti secara berkala. Air yang bersih membuat ikan nyaman sehingga bisa memaksimalkan warnanya. Air kotor akibat kotoran saluran dapat meracuni tubuh dan mengganggu penyerapan oksigen. Jadi, agar air tetap bersih perlu diganti secara berkala dan teratur.

Intinya, warna Channa stewartii bisa dibuat cerah dan berkilau dengan mengatur pola makan dan lingkungan akuariumnya.

Harga Channa Stewartii

Sama seperti ikan lainnya, ikan channa bisa mahal karena pola, warna, dan tingkah lakunya. “Seperti halnya seni, ikan pada masa itu banyak penggemarnya. Karena corak warna, batik dan tingkah lakunya sangat digemari para pecinta ikan hias. Karena pengaruh media sosial, ikan Channa banyak diteliti, dibudidayakan, dan dibudidayakan. Diketahui ada ribuan komunitas ikan Channa lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Aneka ikan hias Channa dibanderol murah dan mahal karena tergantung jenisnya. Biasanya channa lokal harganya sedang, berbeda dengan channa impor. Seperti harga channa stewartii karbi anglong yang sangat diincar oleh para pemilik akuarium atau pecinta ikan hias. Harga ikan channa jenis ini mulai dari Rp. 900.000 hingga jutaan rupiah untuk panjang 21-25cm.

Memang dari segi penampilan, ikan ini memang menarik dan cantik. Pilihan warna pun beragam, menghiasi akuarium rumahan. Sebaik? Sudahkah Anda memutuskan ikan Channa jenis apa yang ingin Anda pelihara? Jangan lupa untuk memperhatikan jenis akuarium yang Anda miliki di rumah.

Akhir Kata

Ini adalah artikel tentang Channa Stewarti dan cara perawatannya yang bisa membuat Channa stewartii menjadi biru cerah dan berkilau.