Mengenal Ikan Channa Bleheri Sang Titisan Sungai Brahmaputra India

Ikan Channa Bleheri alias Channa pelangi yang menjadi favorit para pecinta ikan hias di Indonesia. Dan berbicara tentang ikan gabus, ada satu jenis yang bisa menjadi sorotan karena keunikannya yaitu ikan gabus Channa Bleheri.

Mengenal Ikan Channa Bleheri Sang Titisan Sungai Brahmaputra India

Saking kerennya ikan ini karena tubuhnya yang berwarna-warni sehingga dijuluki “Rainbow Snakehead”. Apakah kamu penasaran? Yuk simak berikut ini!

Mengenal Ikan Channa Bleheri Si Ikan Pelangi

Klasifikasi Ilmiah

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Anabantiformes
  • Famili : Channidae
  • Marga : Channa
  • Spesies : C. bleheri
  • Latin/ Nama Ilmiah : Channa bleheri

Bentuk Fisik Ikan Channa Bleheri

Jika kita lihat dari segi fisik tentu ikan ini Channa Bleheri sangat menarik. Warna Channa Bleheri dewasa berwarna kecoklatan, seringkali dengan sisi dan sirip biru, ditutupi bintik-bintik oranye-merah cerah.

Mengenal Ikan Channa Bleheri Sang Titisan Sungai Brahmaputra India

 

Channa Bleheri berbeda dari pembuka botol kerdil lainnya karena tidak adanya sirip perut. Oh ya, kita juga bisa melihat perbedaan warna berdasarkan jenis kelamin, dengan Channa Bleheri jantan memiliki warna yang lebih terang dan ukurannya juga lebih besar.

Panjang ikan Channa Bleheri bisa mencapai 17 cm. Kalau dipikir-pikir, itu tidak terlalu besar. Hal ini wajar karena dia adalah seorang Snakehead alias Cork Dwarf dengan perawakan pendek.

Penyebaran wilayah

penangkapan ikan Channa Bleheri alias Rainbow Snakehead meluas ke wilayah Assam. Anda harus tahu bahwa India, tempat asal Assam, adalah negara yang sangat besar. Iklim wilayah ini berbeda. Dimana pada zona ini terdapat 4 iklim yaitu musim panas, musim hujan, musim dingin, musim semi-musim gugur.

Di musim panas, biasanya dari Maret hingga Juni, cuaca ini terkenal dengan kelembapan yang sangat tinggi. Rata-rata cuaca saat ini adalah 35 hingga 38 derajat Celcius.

Untuk musim hujan, ditandai dengan curah hujan yang tinggi. Biasanya juga sering terjadi badai petir selama musim ini pada siang hari. Periode musim ini dimulai dari Juni hingga Oktober. Pada saat itulah wilayah Assam menjadi hijau dengan tumbuhan dan Sungai Brahmaputera diketahui meningkat volumenya dan membanjiri hutan dan sekitarnya. Oh ya, suhu di musim ini berkisar antara 18 hingga 26 derajat Celcius.

Di musim dingin, ditandai dengan curah hujan yang rendah dan pagi dan sore hari yang berkabut. Musim ini dimulai dari November hingga Februari. Suhu di musim hujan ini sekitar 6 sampai 8 derajat Celcius, dingin banget. Oh ya, daerah yang tergenang air saat musim hujan diketahui mengering. Channa Bleheri diketahui mulai menggali di tempat-tempat yang permukaan airnya turun drastis, ada yang hampir kering tapi masih basah.

Untuk musim semi-musim gugur, dimana musim semi berada pada kisaran bulan Maret hingga April, dan musim gugur berada pada kisaran bulan September hingga Oktober. Dimana suhu pada musim ini sedang-sedang saja, artinya tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Untuk hujan sedang.

Makanan Ikan Channa Bleheri

Channa Bleheri adalah ikan predator, jadi tentu saja makanan favoritnya adalah udang, jangkrik, cacing, dan ikan.

Saat memelihara ikan Channa Bleheri, Anda tidak perlu khawatir soal makanan karena juga lebih fleksibel. Anda dapat memberikan makanan mati, meskipun dalam beberapa kasus perlu membiasakan diri.

Pemberian pakan juga sesuai dan tidak terlalu sering dan berlebihan. Karena akan membuatnya gemuk, sehingga ia akan memiliki tubuh yang tidak proporsional.

Habitat dan ciri

ciri ikan Channa Bleheri ini hidup di habitat yang disebut Tropical Moonson Forest. Dimana habitatnya memiliki curah hujan yang tinggi, kelembaban yang tinggi pula, dan musim panas dengan suhu yang sangat tinggi.

Mengacu pada habitatnya, sebaiknya saat merawat Channa Bleheri, siapkan tangki dengan kayu, batu, daun kering, dan tanaman air. Hal ini tentu membuat Channa Bleheri tenang karena bisa bersembunyi.

Anda juga harus memperhatikan suhunya, dia berasal dari iklim yang berbeda dengan Indonesia. Waspadai perubahan suhu musiman di habitat aslinya, ikan Channa Bleheri, seperti ikan gabus subtropis lainnya, perlu istirahat di musim dingin.

Seiring dengan berkurangnya musim hujan dan turunnya permukaan air, rawa dan sungai yang menjadi habitat Channa Bleheri mengering, terkadang hanya menyisakan lumpur dan tanah basah. Pada saat itulah naluri ikan Channa Bleheri adalah menggali ke dalam tanah atau lumpur dan tidak makan sampai ada air.

Ini berarti bahwa dari musim gugur di bulan Oktober hingga musim dingin di bulan Desember hingga Maret, berlanjut hingga musim panas hingga musim hujan kembali di bulan Juni, Anda harus mencoba meniru perubahan suhu ini dengan menurunkan suhu dari sekitar November hingga Februari, dan pengurangan makan juga faktor penting. memelihara ikan Channa Bleheri ini.

Dari segi ciri ikan Channa Bleheri aktif, anda akan tahu jika berada di dalam tangki/akuarium. Berbeda mungkin dengan kebanyakan Channa lainnya. Kemudian berenang aktif Channa Bleheri benar-benar memanjakan mata.

Bahkan bisa dibilang karakteristiknya cukup kuat dari segi mental. Misalnya, mereka berani menggigit tangan bahkan bisa memberi makan dengan tangan, lho. Nah, meskipun faktornya begitu, juga berpengaruh, seperti halnya keadaan sekitar.

Dan seperti ciri-ciri ikan Channa lainnya, ikan berjuluk Rainbow Snakehead ini sangat jago melompat. Oleh karena itu, sediakan selalu penutup akuarium. Jangan lengah dan gali lubang, oke?

Temperamen

Jika berbicara tentang temperamen, jelas bahwa ikan Channa Bleheri tidak bisa dipadukan dengan ikan hias lainnya. Karena bisa dianggap agresif secara inklusif. Oleh karena itu penting bagi Channa Bleheri untuk menghindari atau tidak terlihat secara visual oleh Channa lain di dalam tangki.

Bahkan Channa sebagai partner (pasangan) terkadang akan melakukan agresi satu sama lain. Satu-satunya perbedaan adalah tingkat agresi menurut jenis Channa. Harus diingat bahwa di Channa hanya ada 2 temperamen, agresif atau sangat agresif.

Keistimewaan Channa Bleheri

Channa merupakan ikan hias yang populer saat ini. Harga ikan ini akan naik jika warnanya cerah dan lompatan pada ikannya ganas. Apakah kamu tahu? Di antara Channa lainnya, ada Channa cantik yang memiliki banyak warna bahkan dijuluki Channa Rainbow.

Channa Bleheri atau Channa Pelangi. Seperti namanya, Channa memiliki banyak warna seperti pelangi. Warna Channa Bleheri dewasa berwarna kecoklatan, bertepi sisi dan sirip biru, ditutupi bintik-bintik oranye-merah cerah. Memiliki warna ekor yang berwarna-warni.

Channa Bleheri milik Channa kelas kerdil. Channa hanya bisa tumbuh sekitar 17cm. Habitat Channa terletak di negara India di perairan Sungai Brahmaputera.

Perlu anda ketahui bahwa ikan ini memiliki temperamen yang tinggi dan merupakan ikan yang agresif. Mentalitas dan warna yang menarik membuat Channa ini masuk dalam golongan Channa yang bernilai tinggi.

Catatan Penting

Chana bleheri adalah ikan akuarium yang populer, meskipun masih belum jelas apakah pengumpulan untuk perdagangan hias berdampak buruk pada populasi liar

Ini adalah salah satu dari beberapa anggota genus yang tidak memiliki sirip perut dan lebih jauh dapat dibedakan dari spesies Channa lainnya dengan kombinasi karakter berikut: sisi rahang bawah dengan skala sikloid besar; gurat sisi lengkap dengan 46–50 sisik; 14 sinar sirip dada; 25 sinar sirip dubur; 4-11 tanda oranye kemerahan tidak beraturan pada sirip ekor yang mungkin terpisah atau berdekatan; 6-8 tanda gelap dan terang bergantian pada sirip dada; proses maksila dan premaxillary melampaui batas orbit posterior; pelat gigi cabang 5 dan hanya ada di sisi luar lengkung insang pertama.