Mengenal Ikan Channa Maru yang Sudah Mendominasi Sungai Indonesia

Ikan Channa Maru alias Channa Marulioides merupakan jenis ikan gabus yang sangat populer akhir-akhir ini. Salah satu alasan ikan ini bisa digemari adalah pola warnanya yang sangat cantik dan kemudahan perawatannya.

Saking populernya, bagaimana jika populasi ikan Chana Maru meledak dan mendominasi sungai-sungai di Indonesia? Apa yang akan terjadi ? Apakah kamu penasaran? Yuk simak berikut ini!!

Mengenal Ikan Channa Maru yang Sudah Mendominasi Sungai Indonesia

Apa yang Terjadi jika Ikan Channa Maru yang Sudah Mendominasi Sungai

Apa yang akan terjadi ? Apakah kamu penasaran? Yuk simak berikut ini!!

Akan Banyak Spot Memancing

Dengan Channa Maru menguasai sungai-sungai di Indonesia, otomatis akan banyak daerah penangkapan ikan.

Di luar negeri pemancing ikan Channa alias Cork cukup banyak jumlahnya. Ukurannya pun tidak main-main, ada yang lebih tinggi sekitar 1 meter.

Sehingga jika Channa Maru menguasai sungai-sungai di Indonesia, maka akan banyak tempat bagi para pemancing untuk menyalurkan hobinya, dengan ikan Channa Maru sebagai targetnya. Selain sensasinya yang seru, tentunya ada kepuasan tersendiri saat mendapatkannya.

Hewan Ikan Kecil dan Serangga Menipis

ikan Channa Maru seperti yang telah disebutkan sebelumnya juga merupakan ikan predator. Ikan predator apa yang memiliki kekhasan memakan hewan lain, entah itu ikan, udang, serangga dan lain-lain.

Tepatnya, menu ikan favorit Channa Maru adalah serangga dan juga ikan-ikan kecil. Jadi jika ikan Channa Maru mendominasi sungai-sungai di Indonesia, serangga dan ikan-ikan kecil di sungai-sungai Indonesia akan berkurang.

Di bawah nanti ikan-ikan kecil ini akan dimakan oleh Channa Maru. Lebih buruk lagi, ikan kecil endemik Indonesia akan hilang. Jika demikian, jelas ekosistem Indonesia menjadi tidak stabil. Wow, sangat mengerikan bukan?

Harga Ikan Channa Maru Sangat Murah

Dengan melimpahnya ikan Channa Maru di alam bebas, dipastikan ketersediaannya sangat mudah didapatkan. Hal inilah yang membuat harga Channa Maru menjadi sangat murah, meski sekarang sudah terjangkau.

Ikan Channa Maru

Ikan Channa Maru tidak hanya akan Anda temukan di toko ikan hias, tetapi juga di toko atau warung yang menjual ikan untuk konsumsi.

Dan yang jelas, tiba-tiba semakin banyak peminat yang memelihara ikan Channa Maru karena harganya yang sangat terjangkau. Bahkan, nantinya Anda akan menemukan banyak orang yang memberikan ikan Channa Maru gratis kepada orang lain.

Ikan Chanan Maru menjadi hewan konsumsi

Dampak yang paling dirasakan ketika ikan Channa Maru menguasai sungai-sungai Indonesia adalah menjadi hewan yang rakus. Bahkan, ikan gabus saat ini dimakan.

Namun gabus yang dikonsumsi saat ini bukanlah jenis Channa maru, melainkan Chanan Striata. Jadi kita mungkin akan merasa sangat aneh ketika Channa Maru yang memiliki motif bunga yang keren menjadi hewan yang bisa dibuang.

Seperti yang kita ketahui, negara kita Indonesia biasanya memanfaatkan sesuatu yang melimpah terutama dalam hal konsumsi pangan seperti lele, nila dan ikan mas. Termasuk Channa Maru ini.

Keunikan Ikan Chana Maru Sebagai Ikan Hias

Sensaso keindahan ikan Channa Maru tidak hanya sampai disitu saja. Seorang peternak akan mendapatkan ikan ombak yang besar jika ikan tersebut dirawat dengan baik selama lebih dari satu setengah tahun, kulit ikan muncul sebagai pola bunga hitam dengan pinggiran putih yang bagus.

Selain warna tubuhnya yang unik, Channa Maru juga memiliki kekhasan lain yaitu matanya. Mata Channa Maru berwarna merah saat hari gelap dan menyala. Hal ini semakin menambah kesan bahwa ikan tersebut terlihat garang dan penuh kharisma.

Habitat alami Channa maru tersebar di berbagai wilayah, antara lain Thailand selatan (di bawah Tanah Genting Kra), Malaysia, dan Indonesia, termasuk Kepulauan Sunda yang lebih besar. Channa Marulioides menyukai air dengan vegetasi yang melimpah (tanaman air).

Untuk itu, jika ingin memelihara Channa Maru di dalam akuarium, sangat disarankan agar lingkungan akuarium dibuat sesuai dengan kondisi habitat aslinya, air yang jernih, vegetasi yang melimpah.

Makanan Pokok Ikan Chana Maru

Berikut beberapa rekomendasi makanan ikan channa terbaik yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Udang

Udang merupakan salah satu makanan ikan channa di habitat aslinya. Pemberian pakan udang sebagai makanan ikan channa dapat membantu proses pertumbuhan dan dipercaya dapat membuat warna ikan ini menjadi lebih indah.

Jika sulit mendapatkan udang segar, bisa juga diganti dengan udang kering kemasan yang mudah ditemukan di pasaran. Udang yang akan diberikan pakan ikan sebaiknya dipotong kecil-kecil kemudian ditaburkan di dalam akuarium.

2. Maggot Maggot

adalah larva lalat hitam berukuran besar yang cocok untuk makanan ikan Channa. Makanan ini sangat cocok untuk makanan ikan channa karena mengandung nutrisi yang lengkap.

Salah satu manfaat maggot adalah mengandung banyak protein dan baik untuk pertumbuhan ikan. Pemberian pakan maggot ini bisa dilakukan 2-3 kali sehari.

3. Cacing Sutra

Ulat merupakan salah satu makanan wajib ikan channa karena memiliki banyak manfaat. Makanan ini mengandung protein, lemak dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan Channa.

Selain itu, ulat sutera juga memiliki kandungan serat dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan serat dan mineral ulat sutera bermanfaat untuk pencernaan ikan

4. Channa Food/Pelet Khusus untuk Ikan Channa

Nutrisi dalam makanan ini bermanfaat dalam membantu memaksimalkan pertumbuhan pigmen yang dimiliki oleh ikan.

Memberi makan channa food sebagai makanan ikan channa tidak boleh sembarangan. Ikan harus berpuasa dulu selama 2-3 hari. Selain itu, pil ini harus diberikan sedikit demi sedikit terlebih dahulu.

5. Cacing Tanah

pakan Cacing tanah merupakan jenis makanan yang sangat dianjurkan sebagai makanan ikan Channa. Makanan jenis ini bahkan bisa diberikan kepada ikan Channa kecil.

Kandungan cacing tanah dapat membantu mempercepat pancaran warna pada ikan Channa. Selain itu, memakan cacing tanah juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkan luka pada tubuh ikan Channa.

6. Kutu Air

Kutu air merupakan jenis pakan yang banyak diberikan pada ikan Channa karena terbukti memiliki sejumlah manfaat. Pemberian pakan kutu air sebagai pakan dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan ikan channa terutama ikan kecil.

Selain itu, kutu air juga baik untuk pertumbuhan tulang ikan Channa, namun harus diberikan dengan dosis yang tepat.

7. Kecoa Dubia

Kecoa Dubia atau Kecoa kayu Argentina merupakan jenis pakan ikan Channa yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Bahkan diyakini kandungan protein kecoa dubia jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jangkrik atau cacing.

Ikan channa yang diberi pakan kecoa dubia akan mengalami proses pertumbuhan yang baik. Selain itu, kecoa dubia juga dapat membantu proses munculnya warna atau corak pada ikan channa.

10. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong dapat menjadi alternatif pakan ikan Channa karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan nutrisi Larva Hong Kong dapat mempercepat proses pertumbuhan dan munculnya warna pada ikan Channa.

Selain itu, kandungan gizi Larva Hong Kong juga dapat menambah ketebalan kulit ikan Channa sehingga tidak mudah rusak atau terluka.

Kesimpulan

Kesimpulan dari pembahasan ini adalah meskipun ikan Channa Maru asli Indonesia khususnya Kalimantan akan berbahaya jika menyebar dan mengalir ke sungai-sungai Indonesia.

Kehadirannya di sungai-sungai Indonesia akan membawa keuntungan dan kerugian karena ekosistem sungai akan tidak seimbang. Meski ikan Channa Maru hanya bisa mencapai 90cm, berbeda dengan Arapaima yang bisa mencapai 3 meter.