Ikan Channa Pulchra Si Biru Cantik yang Menghiasi Akuarium

Ikan Channa Pulchra adalah jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini merupakan ikan hias yang populer dan digemari oleh para pecinta gabus mania atau pecinta ikan hias. Pasalnya, ikan ini memiliki keindahan warna dan bentuk tubuh tersendiri.

Ikan gabus menjadi favorit para pecinta ikan hias di Indonesia. Dan berbicara tentang ikan gabus, ada satu jenis yang bisa menjadi sorotan karena keunikannya yaitu ikan gabus Channa Pulchra.

Ikan Channa Pulchra

Ikan ini sangat digemari karena tubuhnya yang unik dan eksotik. Begitu banyak orang menjulukinya “ikan gabus Myanmar yang indah”. Lantas apa saja seluk beluk ikan Channa Pulchra? Apakah kamu penasaran? Yuk simak berikut ini!

Mengenal Ikan Channa Pulchra Si Biru dari Myanmar

Klasifikasi Ilmiah

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Anabantiformes
  • Famili : Channidae
  • Genus : Channa
  • Spesies : C. pulchra
  • Nama Latin/Ilmiah : Channa pulchra

Ikan Channa Pulchra Si Biru Cantik yang Menghiasi Akuarium

Bentuk Fisik Ikan Pulchra

Jika kita berbicara tentang Bentuk Fisik, mungkin terlihat sama seperti ikan gabus lainnya. Namun jika kita fokus pada komposisi warna tubuhnya, tentu itu akan jadi soal lain.

Ikan Channa Pulchra sebenarnya adalah ikan gabus yang memiliki corak yang unik dan menarik. Tubuhnya berwarna abu-abu kebiruan dengan bintik-bintik oranye.

Tidak berhenti sampai di situ, pada sirip bawahnya terdapat warna biru pekat dengan garis-garis hitam di sekeliling tepinya. Hal inilah yang membuat ikan ini begitu populer di kalangan pecinta ikan hias di Indonesia.

Dikutip dari situs resmi Fish Base, ikan ini bisa mencapai panjang hingga 30 cm. Ini benar-benar termasuk ikan yang cukup besar untuk kelas ikan gabus.

Penyebaran Wilayah

Jika Anda bertanya di mana wilayah penangkapan ikan Channa Pulchra tersebar, jawaban singkatnya sederhana, yaitu Myanmar. Ya, ikan ini berasal dari Myanmar yang merupakan daerah subtropis. Dimana tempatnya bisa sangat dingin karena pada musim dingin aliran air dari Himalaya mengalir ke habitatnya.

Ikan ini berasal dari Myanmar di daerah subtropis yang suhunya bisa sangat dingin karena saat musim hujan aliran air dari pegunungan Himalaya mengalir deras ke habitatnya.

Habitat Channa Pulchra

Channa Pulchra berasal dari negara Myanmar, tepatnya dari wilayah Kyeintali Chaung di Negara Bagian Rakhine Selatan.

Habitat alami Channa Pulchra adalah sungai yang tenang. Biasanya ia menyukai tempat yang banyak bebatuan dan tanaman air di sekelilingnya. Channa Pulchra hidup di air bersuhu 18 hingga 28 derajat Celcius dengan pH sekitar 6,5. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa pH air di bawah 6 tidak akan ditemukan di Myanmar.

Channa Pulchra dapat mengambil oksigen langsung dari udara agar dapat bertahan hidup di air yang rendah oksigen.

Temperamen Pulchra

Dalam hal rekan satu tim, seperti tipe kepala ular lainnya, Channa Pulchra tidak menyukai rekan satu tim. Sifat teritorial adalah dasarnya. Menurut seseorang bernama Ralf Britz, penemu Pulchra pada tahun 2007, mengatakan bahwa untuk setiap ikan Channa Pulchra yang ditemukan, seharusnya hanya ada satu Channa Pulchra di setiap tempat persembunyian.

Itu sebabnya hal terbaik untuk Channa Pulchra adalah tidak menggabungkannya dengan siapa pun, yaitu tidak memiliki rekan satu tim.

Adakah yang punya pengalaman memelihara ikan gabus ini. Dia memelihara begitu banyak ikan Channa Pulchra di tangki berukuran 60cm saat ikannya masih berukuran 10cm. Alhasil, ketiga ikan tersebut tidak berhenti berkelahi satu sama lain. Dan biasanya dari pertarungan tersebut akan menghasilkan rogue yang sangat dominan. Terbukti dari bodinya yang masih mulus.

Perawatan Channa Pulchra

Di habitat aslinya, tidak banyak makanan yang bisa dimakan ikan Channa Pulchra. Sehingga, ikan ini akan memakan apapun yang masih enak untuk dimakan.

Beberapa makanan yang bisa dimakan antara lain udang, cacing darah, lele kecil, ikan gabah, belalang dan lain-lain. Semakin bervariasi pola makannya, semakin baik nutrisi ikannya.

Saat merawat ikan ini, hal yang harus disiapkan dalam akuarium adalah tanaman air, ranting, dan beberapa potong pipa untuk tempat persembunyian. Tambahkan pasir dan batu ke dasar akuarium. Pasir yang digunakan bisa berupa pasir silika, pasir kurus dan lain-lain.

Ikan ini tidak membutuhkan aerator karena kemampuannya mengambil oksigen langsung dari udara.

channa biasanya dapat bernafas menggunakan labirin yang artinya dapat menyerap oksigen dari udara sehingga channa mudah untuk dirawat. Ikan channa umumnya tidak membutuhkan mesin penyaring saat dipelihara di akuarium, namun ada baiknya menyediakan tanaman hidup agar ikan nyaman dan betah hidup di habitat aslinya. Aquascape ikan channa yang cocok adalah jenis natural dan biotope dengan dominan tumbuhan berdaun besar, untuk membuat aquascape bisa menghubungi Alamikan.

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress, anda perlu melengkapi perlengkapan aquarium anda saat merawat Channa. Aerator peralatan yang direkomendasikan dengan filter kerikil bawah.

Cara Memilih Benih Pulchra Biru untuk Lomba Kontes

Hal-hal berikut harus disiapkan saat memilih dan memelihara pulchra biru agar siap untuk kompetisi.

1. Pemilihan Bibit ikan yang berkualitas

Saat membeli channa pulchra, pastikan channanya panjang. Karena ukurannya 5-6 cm, panjang channa sudah terlihat dari tinggi siripnya. Pastikan channa yang Anda pilih memiliki sirip atas dan bawah yang hampir saling bersentuhan. Pilih juga baby channa blue pulchra yang dotnya banyak.

2. Memberi Pakan yang berkualitas

Pemberian pakanbisa melatih kelincahan Channa. Sesekali beri makan udang hidup dan belatung. Kemudian Channa dibeli terus menerus dari premium blue, hal ini untuk memunculkan warna biru pada pulchra. Sesekali berikan premoum kuning atau campuran untuk tujuan mempertajam bercak kuning pada pulchra.

3. Setting Akuarium

atur akuarium adalah bisnis yang berisiko karena pencocokan warna lingkungan mempengaruhi warna saluran. Gunakan latar belakang putih dan cahaya untuk perawatan pulchra. Di bagian bawah akuarium, gunakan substrat hitam. Sediakan beberapa tanaman kecil di lingkungan akuarium untuk mempercantik tampilan.

4. Mental

Salah satu penilaian penting dalam kompetisi Channa adalah mental. Berikan gelas untuk mendapatkan mentalitas pengganggu di tahap awal pelatihan. Kemudian Anda dapat menggunakan jari Anda atau mengetuk kaca akuarium dengan ringan. Terserah Channa untuk menangkapnya saat dia menekan tombol.

Membuat Channa Pulchra Berwarna Biru Terang

Membentuk Channa Pulchra berwarna terang tidaklah terlalu sulit asalkan dilakukan dengan sabar dan tekun. Berikut ini saya akan share cara membuat pulchra berwarna biru muda dan kencang.

1. Mengatur pola makan dan jenis makanan

Seperti ikan lainnya, cara paling penting untuk mencerahkan warna pulchra adalah mengatur pola makan dan jenis makanan. Pola makan yang baik dan jenis pakan yang tepat akan semakin mempercepat pematangan warna ikan.

Makanan yang saya rekomendasikan untuk pembentukan warna pulchra adalah Premium Blue Shrimp dan Pellet. Udang banyak mengandung vitamin A dan protein yang sangat baik untuk pembentukan warna kuning dan pertumbuhan ikan. Sedangkan pil Premium Blue mengandung pigmen biru yang dibutuhkan pulchra untuk membentuk warna biru.

2. Background akuarium yang terang

saya sarankan untuk menggunakan background yang clear untuk aquarium pulchra agar warnanya terlihat bagus. Background yang biasa digunakan adalah warna putih karena terbukti cukup efektif. Latar belakang putih membuat ikan terlihat lebih cerah.

3. Lampu yang sesuai

Warna ikan tidak akan terbentuk sempurna tanpa bantuan cahaya. Oleh karena itu diperlukan pencahayaan yang baik untuk memaksimalkan pembentukan warna pada tubuh ikan. Untuk akuarium pulchra, sebaiknya pilih lampu berwarna putih yang terang namun tidak terlalu menyilaukan. Cahaya putih memiliki spektrum cahaya penuh yang membantu pembentukan warna pada tubuh ikan.

4. Media pasir yang baik

Saya lebih suka menggunakan media pasir yang buruk yang cukup kasar untuk akuarium pulchra. Saya sarankan menggunakan pasir coklat karena terlihat lebih ringan dari hitam.

Jadi kesimpulannya adalah untuk membuat Ikan Channa Pulchra cerah dan biru jernih, Anda bisa melakukannya dengan mengatur pola makan dan jenis makanan, serta menata akuarium agar seterang mungkin.