Ikan Lemon Cichlid Si Kuning Berkilau yang Menggemaskan

Kamu sering kan berkunjung ke toko ikan? Pernah melihat ikan yang berwarna kuning? Harusnya pernah, karena ikan ini sangat populer dan umum sekali dipelihara. Yup, ikan ini adalah Ikan Lemon Cichlid. Ikan ini sebenarnya punya banyak nama diantaranya Leleupi, Orange Leleupi Cichlid, Gold Cichlid, Gold Leleupi Cichlid, and Tanganyikan Lemon Cichlid.

Ikan Lemon Cichlid

ikan lemon (Neolamprologus leleupi) adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Danau Malawi, Afrika. Lemon Cichlid ini punya ciri khas warna yang sangat mencolok seperti jeruk lemon.

Sebab itu, ikan lemon disebut juga dengan nama electric yellow cichild atau yellow prince. Ikan menggemaskan ini merupakan salah satu spesies dari genus Cichlid yaitu kelompok ikan air tawar yang paling berwarna di dunia.

Selain warna kuning menyala pada tubuhnya, ikan ini juga memiliki karakter yang menarik, agresif, jahil dan tak segan menyapa pemiliknya untuk meminta makanan.

Mengenal Ikan Lemon Cichlid Si Kuning yang Menawan

Klasifikasi Ilmiah

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Cichliformes
  • Famili : CichlidaeS
  • Genus : Neolamprologus
  • Spesies : N. leleupi
  • Nama Latin/Ilmiah : Neolamprologus leleupi

Asal Mula Ikan Lemon

Diperkirakan terdapat 1.300 spesies ikan yang berasal dari genus Chiclid dan telah dideskripsikan secara ilmiah, salah satunya ikan lemon. Ikan ini hampir bisa ditemukan di seluruh dunia, mulai dari benua Afrika, Amerika dan Asia.

Ikan Lemon Cichlid Si Kuning Berkilau yang Menggemaskan

Lemon Cichlid dengan warna mencolok ini adalah jenis ikan yang dikategorikan sebagai ikan air tawar sekunder, artinya, nenek moyang mereka adalah ikan laut. Ikan ini diyakini sebagai ikan laut yang pindah ke air tawar karena memiliki ciri-ciri yang berkaitan dengan sejumlah spesies ikan air laut.

Pada awalnya, ikan tersebut merupakan spesies ikan yang ditemukan di Danau Malawi, Afrika. Kemudian ikan ini dikembangkan oleh Pierre Brichard di sepanjang Danau Tangayika hingga jumlahnya mencapai ribuan ekor.

Pada awal 1980-an Brichard kemudian mengekspor ikan tersebut ke seluruh dunia dan diterima dengan baik oleh hobiis ikan hias karena karakternya yang unik dan mudah dipelihara.

Morfologi

Secara morfologis, ikan ini memiliki tubuh berukuran kecil. Di habitat aslinya panjang tubuh ikan ini hanya mencapai 15 cm. Namun rata-rata tubuh ikan tersebut dijual di pasaran lebih kecil lagi, yaitu hanya berukuran 10 cm.

Selain memiliki warna kuning yang mencolok, hewan ini dapat dikenali dengan bentuk tubuhnya yang sedikit membulat dan dilindungi oleh sisik bertipe ctenoid.

Ukuran tubuh lemon jantan biasanya lebih besar dari betina. Selain itu, ukuran kepala jantan juga lebih besar dan jenong (cranial bump) dibanding ikan betina. Ciri lainnya, warna sirip atas dan bawah pada ikan jantan berwarna hitam, sementara betina berwarna kuning.

Habitat Si Ikan Kuning

Di habitat asalnya yaitu Danau Malawi, ikan ini hidup dalam air dengan kandungan mineral tinggi. Danau ini juga terkenal dengan kejernihan air dan pH yang stabil, sebab itu, memeliharanya harus diperhatikan betul kualitas airnya.

Air yang paling baik untuk memelihara ikan memiliki pH antara 7.5-9.2 dengan suhu air sekitar 25-27 derajat Celsius.

Sebagaimana lingkungan asalnya di Danau Malawi, ikan ini juga menyukai daerah berbatu atau berpasir sebagai tempat hidupnya. Kondisi tersebut bisa diterapkan dalam akuarium untuk memeliharanya supaya tumbuh dengan baik.

Karakter

Berbicara soal temperamen nih, pasti kamu penasaran kan? Karena setiap kali memelihara dna disatukand engan ikan lain, Ikan Lemon Cichlid terlihat lebih jahil.

Nah, mereka itu sebenarnya adalah ikan komunitas yang tidak agresif. Mereka dapat digabung dengan spesies yang lebih kecil dalams atu akuarium. Asalkan mereka memiliki wilayah mereka sendiri.

Ikan ini merupakan jenis ikan karnivora, alias pemakan daging. Di habitat aslinya, ikan ini tergolong ikan predator yang agresif dan suka mengganggu ikan lainnya. Meski demikian, ikan hasil budidaya umumnya lebih tenang, namun akan tetap bereaksi agresif ketika merasa terancam.

Seperti jenis Chiclid lainnya, ikan termasuk ikan teritorial sehingga kurang cocok digabungkan dengan jenis ikan lain. Terutama pada musim kawin, ikan ini akan lebih agresif dan akan mempertahankan wilayahnya dengan ganas.

Uniknya ikan ini juga suka hidup bersama kawanannya dan akan membentuk kelompok kecil yang rata-rata terdiri dari enam anggota. Sehingga diperlukan aquarium cukup besar, minimal berukuran 1 meter untuk memelihara ikan ini.

Lalu ada yang harus dihindari nih supaya menjamin keamanan si ikan Lemon Cichlid. Jadi langkah terbaik adalah menghindari penggabungan mereka dengan African Cichlid dari Danau Malawi atau Danau Victoria dalam satu akuarium yang sama.

Meskipun relatif damai, mereka bisa menjadi agresif dengan ikan lain dari jenis mereka sendiri. Di alam liar, Lemon Cichlid biasanya ditemukan sendirian . Bahkan sekalipun berpasangan, mereka hanya akan berkumpul untuk tujuan reproduksi.

Makanan Pokok Lemon Cichlid

Karena ikan ini sebenarnya adalah karnivora, Lemon Cichlid membutuhkan makanan berprotein. Di alam liar ikan berwarna kuning ini memakan organisme zoobenthic, serangga air, dan juga copepoda.

Ada tips nih buat kamu yang ingin memelihara Lemon Cichlid. Untuk menjaga keseimbangan yang baik, beri mereka makanan serpihan atau pelet berkualitas tinggi setiap hari.

Suplemen makanan yang bsia diberikan secara teratur adalah udang air asin (baik hidup atau beku), cyclop, atau daphnia. Makanan protein hidup tinggi karoten, seperti mysis, membantu memicu corak warnanya yang indah.

Beri makan sekitar 2 hingga 5 porsi kecil sehari dalam jumlah yang lebih sedikit daripada jumlah yang besar sekali sehari. Jadi maksudnya lebih baik dikasih porsi kecil tapi dengan frekuensi yang lebih sering. Paham kan sampai sini? Oke kita lanjut.

Tips tersebut sebanrnya bakal sangat menjaga kualitas air lebih tinggi dalam waktu yang lebih lama. ‘Puasa’ satu hari seminggu juga bisa bermanfaat bagi si ikan Lemon Cichlid.

Cara Merawat Ikan Lemon

Selain memberi makan yang bergizi, ikan perlu dirawat dengan baik supaya tetap sehat dan bergerak aktif. Salah satunya dengan memilih akuarium yang ideal dan bisa menampung air setidaknya sebanyak 100 liter.

Jaga kondisi air dan tempatkan bahan alami tambahan seperti bebatuan atau kayu dalam akuarium. Gunakan filter dan aerator sehingga air dapat tersirkulasi dengan baik dan kadar oksigen tetap terjaga.

Perhatikan stabilitas dekorasi dalam akuarium seperti bebatuan atau tanaman, karena ikan lemon suka mengubah habitatnya seperti menggali pasir atau mencabuti tanaman. Lakukan penggantian air setiap minggu sebanyak 15-25 persen supaya ikan tetap sehat dan lincah.

Cara Budidaya Ikan Lemon

Ikan ini termasuk ikan yang cukup produktif, sekali bertelur ikan ini dapat menghasilkan setidaknya 100 butir telur yang siap dibuahi. Ikan jantan selama proses pemijahan juga bisa membuahi beberapa ikan betina sekaligus alias bersifat poligami.

Telur yang telah dibuahi akan menetas dalam waktu 4 hari dan mendapat asupan makanan dari kuning telur yang menempel pada perutnya. Setelah cadangan makanan habis, maka ikan dapat diberi kutu air atau mikropelet.

Induk betina ikan lemon juga termasuk tipe mouthbreeder alias suka mengerami telurnya dalam mulut hingga menetas. Sebab itu induk betina tidak perlu dipisahkan karena tidak tidak berbahaya untuk anak-anak burayak.

Setelah burayak ikan berusia 2 minggu, pindahkan ke dalam kolam atau akuarium yang lebih besar, karena jika terlalu padat dikhawatirkan burayak akan berebut makanan dan berpotensi menjadi kanibal.

Itulah artikel tentang Ikan Lemon Cichlid Si kuning yang menawan dan cantik untuk dipelihari di akuarium