7 Tips Efektif Mengatasi Penyakit White Spot Ikan Hias

Saat kita memelihara ikan, tidak ada yang selalu berjalan mulus. Selalu ada lika-liku dalam acara. Misalnya seperti ikan yang terkena penyakit. Ada berbagai jenis penyakit ikan, salah satu yang paling umum adalah Penyakit White Spot Ikan. Kali ini mimin akan membahas cara mengobati penyakit white spot.

Penyakit White Spot Ikan

Apa itu Penyakit White Spot Ikan

Sebelumnya, Anda mungkin bertanya-tanya apa itu White Spot? Secara singkat, White Spot adalah penyakit yang menyebabkan munculnya bintik-bintik kecil pada tubuh dan sirip ikan. Jika bercak putih tetap ada, jumlahnya akan berlipat ganda.

Penyakit bercak putih, juga disebut Ich, adalah parasit yang cepat atau lambat harus dihadapi pecinta ikan tropis. White Spot merupakan penyebab utama kematian ikan dibandingkan dengan penyakit lainnya. Penyakit ini biasanya terjadi pada ikan akuarium yang terlalu banyak kontak dengan ikan lain dan juga stres yang disebabkan oleh ikan yang hidup di dalam akuarium, bukan di alam liar. Ich dapat ditemukan pada ikan tropis air tawar dan air asin, dan perawatan bervariasi tergantung pada ekosistem dan makhluk lain yang hidup di dalam tangki.

Penyebab White Spot pada ikan

Lalu apa penyebab Penyakit White Spot Ikan? Kamu tahu? Ternyata selain kualitas air yang buruk, ikan yang stres juga menjadi penyebabnya.

Oh iya, efek white spot juga tidak main-main, tidak bisa diremehkan. Dari ikan yang duduk di pojok, ikan tidak akan makan hingga ikan mengalami sesuatu yang disebut kematian.

Penyebaran penyakit ini sangat cepat terutama pada suhu optimum (15-25°C). Pada suhu 30°C atau lebih, penyakit akan mati atau siklus berhenti. Jika infeksi sudah menyebar ke seluruh tubuh berupa bercak putih, ikan bisa mati. Tanda-tanda serangan penyakit ini adalah ikan terangkat ke permukaan air dan adanya bintik-bintik putih pada kulit. Pada serangan yang cukup parah, ikan akan menggesekkan tubuhnya ke dinding akuarium atau kolam sehingga menimbulkan kerusakan. Luka dapat mengalami infeksi sekunder oleh jamur.

Demikian sekilas tentang penyakit bercak putih. Bagaimana cara mengatasinya jika ikan anda sudah terlanjur terkena white spot? Simak tips berikut ini.

7 Tips Ampuh Hadapi Penyakit White Spot Pada Ikan Air Tawar

Berikut beberapa cara untuk mengobati Penyakit White Spot Ikan Hias

1. Memberi Garam Ikan

Tips yang pertama adalah memberi garam ikan. Langkah ini mungkin merupakan langkah yang paling umum atau sering dilakukan.

7 Tips Efektif Mengatasi Penyakit White Spot Ikan Hias

Mengapa hal ini sering dilakukan? Tentunya karena penanganannya sederhana dan tidak ribet. Anda hanya perlu menuangkan garam ikan secukupnya ke dalam akuarium.

Anda bisa mengukurnya sendiri, sekitar 1 sendok teh garam ikan per 4 liter akuarium. Jangan menambahkan terlalu banyak karena ini akan mempengaruhi salinitas air.

2. Mengatur suhu sekitar 30 derajat Celcius

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengatur suhu sekitar 30 derajat Celcius. Alat apa yang Anda gunakan? Anda bisa menggunakan heater untuk

suhu tinggi, ternyata hal ini dapat mempersulit parasit penyebab bercak putih berkembang biak. Dan tidak hanya itu, parasit juga akan segera mati karena suhu yang tinggi.

Jangan lupa lakukan tips yang ketiga yaitu tingkatkan jumlah oksigen. Karena pada suhu tinggi seperti 30 derajat Celcius, kadar oksigen berkurang. Ini karena oksigen menguap pada suhu tinggi.

3. Tingkatkan jumlah oksigen dengan aerator

Kapan Anda perlu menambah jumlah oksigen dengan ventilator. Tahukah Anda bahwa semakin tinggi jumlah oksigen, maka daya tahan tubuh ikan akan semakin meningkat. Tidak hanya itu, kualitas hidup ikan juga meningkat.

Dalam beberapa kasus, ikan sulit bernapas karena tersumbat oleh apa yang disebut bintik putih. Tentunya sistem aerasi yang sesuai dan mumpuni akan sangat membantu ikan hias anda.

Tetapi bagaimana Anda meningkatkan jumlah oksigen atau membuat sistem aerasi? Anda dapat menggunakan powerhead pada mesin filter dan Anda juga dapat menggunakan air stone.

4. Memberi obat metil biru (Methylene Blue)

Tips untuk mengobati Penyakit White Spot Ikan adalah anda harus memberikan Methyl Blue. Methyl blue adalah obat yang sering digunakan para penghobi ikan untuk mengobati ikan yang terkena protozoa, jamur, dan mikroorganisme lainnya.

Metil biru banyak dijual di penjual ikan. Kainnya cair, warnanya biru, dan harganya cukup murah.

Anda juga harus berhati-hati karena penggunaan metil biru memiliki tujuan. Bayangkan jika akuarium berukuran 175x40x75 cm, Anda hanya perlu memberikannya sekitar 7-9 tetes.

Dan saat Anda meneteskan metil biru, sebaiknya di tempat lain. Jadi, donasi harus tersebar di sana-sini, tidak hanya diselingi di satu tempat.

5. Berikan daun ketapang

Tips selanjutnya adalah Anda juga bisa menggunakan daun ketapang. Anda mungkin bertanya-tanya apa itu ketapang? Ketapang adalah sejenis pohon rindang di tepi pantai. Biasanya daun ketapang populer untuk mengatur kualitas air.

Fungsi dari daun ketapang sendiri adalah untuk menurunkan pH air. Namun tahukah anda bahwa air tawar di daerah tropis mayoritas berwarna coklat tua yang disebabkan oleh daun ketapang. Atau ada yang menyebutnya “air hitam”.

Selain menurunkan pH air, ternyata daun ketapang juga bisa membantu ikan mengalahkan penyakit bercak putih.

Penggunaannya sangat sederhana, tinggal memasukkan/memasukkan daun ketapang ke dalam tangki. Seiring waktu, air akan berubah menjadi agak keruh berwarna coklat, yang berarti daun ketapang sudah bekerja.

Nah setelah beberapa hari (mungkin 3-4 hari) anda bisa menguras air keruh tersebut lalu menggantinya dengan air tawar.

6. Kuras air hingga 25% dari total air di akuarium

Trik keenam ini mungkin juga pernah dilakukan oleh sebagian orang, yaitu dengan menguras air hingga 25% dari total volume air di akuarium.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk secara langsung menghilangkan parasit yang menyebabkan serangan bercak putih pada ikan.

Tapi hati-hati dengan trik ini saja. Penyebabnya adalah jika terlalu sering mengganti air atau kandungan klorin air terlalu tinggi, yang terjadi adalah ikan selalu stres. Kalau begitu percuma saja nanti.

Jadi Anda bisa mengurangi jumlah air yang dikuras atau mungkin frekuensi pengosongan. Dan bila memungkinkan, air baru harus dialirkan terlebih dahulu untuk mencegah ikan stres akibat kelebihan klorin.

7. Memberi makanan yang aman dan bersih bagi ikan

Tips terakhir ini mungkin sederhana, namun sering diabaikan atau bahkan disepelekan. Tip terakhir adalah menyediakan makanan yang bersih dan aman untuk ikan.

Memang ada tantangan di sini, apalagi jika ikan tersebut merupakan ikan predator. Ikan pakan harus dikarantina sebelum diberi makan ikan predator.

Makanan ikan dapat dikarantina dengan cara ditaruh di wadah terpisah, bisa juga akuarium. Kemudian lakukan tips pertama, kedua dan ketiga secara bersamaan.

Sedikit berbeda dengan pelet pemakan ikan, makanan berupa pelet bisa lebih terjamin kebersihan dan keamanan ikannya.

Akhir Kata

Inilah tujuh tips ampuh yang sering digunakan para pecinta ikan ketika Penyakit White Spot Ikan, Ketujuh tips ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bercak putih pada ikan hias Anda.

Saya harap artikel ini dapat sangat membantu Anda, terutama jika ikan Anda memiliki bintik putih. Jika artikel ini benar-benar bermanfaat, mari bagikan artikel bermanfaat ini kepada teman-teman terdekat Anda.